Feedback Form
Feedback Form

Kegiatan & Peristiwa

Pelatihan Penanggulangan Bencana

Event in: 29.10.2013 | kategori: kegiatan

Image

Dipandu oleh Tim Sudin Damkar Jakarta Barat, RSUD Cengkareng melaksanakan Pelatihan Penanggulangan Bencana (Kebakaran) dimulai pada 29 s/d 31 Oktober 2013. Pelatihan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini diikuti oleh perwakilan setiap unit ruangan RSUD Cengkareng dan pada tahun ini teridir dari 36 peserta.


dr. Hasri Dinirianti, menjelaskan bahwa pelatihan yang diadakan bertujuan untuk melatih kesigapan setiap karyawan RSUD Cengkareng dalam menanggulangi bencana yang terjadi baik eksternal maupun internal. Didukung unit Diklat, drg. Hj. Hajar Noer . H selaku Ka. Bag. SDM menghimbau agar peserta pelatihan benar-benar mengikuti setiap materi yang diberikan dengan baik dan antusias karena pelatihan tersebut merupakan upaya meningkatkan pengetahuan serta kualitas para peserta.


Kali ini pelatihan penangulangan bencana difokuskan untuk bencana kebakaran namun, dalam pelatihan tersebut terdapat beberapa materi yang dapat digunakan selain untuk bencana kebakaran seperti penyelamatan atau evakuasi pasien. Rangkaian materi yang disampaikan di Ruang Kelas E lt. 02 terdiri dari pengenalan seputar bencana yang terjadi, tindakan untuk menangani pasien yang tidak sadar, penggunaan tabung oksigen dalam upaya penyelamatan atau evakuasi, mematikan titik api, tali temali dalam upaya penyelamatan, cara penyelamatan diri saat terjadi kebakaran serta diakhiri dengan simulasi upaya evakuasi terhadap pasien saat terjadi kebakaran dengan koordinasi bersama seluruh tim dari setiap lantai gedung. Simulasi yang dilakukan sukses dibawah pengawasan serta bimbingan Tim Damkar Jakarta Barat tentunya disertai semangat para peserta pelatihan.


Pelatihan yang dilakukan selama tiga hari tersebut diharapkan mampu memberikan pengetahuan dan keterampilan para peserta pelatihan dalam menanggulangi bencana agar lebih tanggap, sigap, cepat dan tepat dalam mengambil langkah yang harus dilakukan.

 
Halaman Sebelumnya