Feedback Form
Feedback Form

Kegiatan & Peristiwa

Memperingati Hari Cuci Tangan Sedunia

Event in: 16.10.2013 | kategori: kegiatan

Image

Hari cuci tangan sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.


Sejak tahun 2008, pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) dimana sampai saat ini, kebiasaan mencuci tangan dengan sabun terus digalakan termasuk di Indonesia. RSUD Cengkareng sebagai salah satu Rumah Sakit yang sadar akan kualitas kesehatan terutama dalam setiap komponen kegiatan kesehatan telah menerapkan dan menggalakan cuci tangan dengan sabun yang selalu dipromosikan bukan hanya kepada setiap unit didalamnya, namun kepada masyarakat utamanya yang berada dalam lingkungan RSUD Cengkareng.


Agar lebih mudah mempromosikan cuci tangan dengan sabun kepada masyarakat, pada tahun ini tim Hand Hygiene RSUD Cengkareng beserta segenap pendukung didalamnya mengadakan lomba Dance Cuci Tangan yang diikuti oleh sejumlah unit dari RSUD Cengkareng. Para perwakilan unit memberikan edukasi seputar 6 langkah cuci tangan yang baik dengan memperagakannya diiringi musik yang menarik dan tentunya gerakan yang menarik pula. Kombinasi edukasi cuci tangan serta gerakan yang apik diringkas secara terpadu sehingga memudahkan penyampaian untuk mengajak khalayak untuk melakukan cuci tangan dengan langkah-langkah yang diharapkan dapat membersihkan tangan secara menyeluruh dari bakteri yang menempel. Dari beberapa peserta yang mengikuti ajang tersebut, telah terpilih beberapa kandidat yang nantinya akan disertakan pada babak final yang akan diselenggarakan pada tanggal 23 Oktober 2013. Dari 6 kelompok yang terpilih sebagai finalis, akan dipilih menjadi 3 besar dan selanjutnya akan disertakan pada acara-acara Kesehatan Cuti Tangan mewakili RSUD Cengkareng.


Acara yang diadakan tersebut bukan hanya memperingati hari cuci tangan sedunia, namun terdapat maksud yang bertujuan untuk mengajak karyawan serta masyarakat sekitar untuk menyadari akan pentingnya cuci tangan sebagai bentuk antisipasi masuknya kuman melalui tangan yang sering menyentuh media yang menyebabkan tertularnya bibit penyakit. Semoga bermanfaat dan tetap berinovasi dalam mempromosikan budaya kesehatan.

 
Halaman Sebelumnya