Berita & Artikel

Kenali Manfaat Nanas

Posted 16.09.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Food & Beverage


Buah nanas yang banyak digemari sebagai pelengkap pada makanan penutup maupun minuman penyegar, kaya akan manfaat bagi kesehatan serta rasanya yang bervariasi. Kepercayaan masyarakat bahwa mengkonsumsi buah ini menjadi faktor penyebab masalah kewanitaan belum teruji. Sehingga, buah ini tentu aman dikonsumsi bagi pria maupun wanita selain memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat buah yang memiliki nama ilmiah Ananas comosus.




1. Mengobati Cacingan
Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

2. Lambung terasa penuh
Ketika pencernaan terganggu, lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

3. Keseleo, memar akibat terpukul
Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang sudah masak, potong-potong, lalu dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus.

4. Luka bakar, gatal dan bisul
Selain enak dimakan, buah nanas juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti kulit terbakar, gatal pada kulit dan bisul. Caranya, cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

5. Mengobati Radang tenggorokan
Sakit tenggorokan mengganggu aktifitas anda? Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

Selain manfaat diatas, buah nanas mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet), dan mempunyai aktifitas fibrinolitik.

Namun perlu diingat, pada penderita kencing manis (diabetes mellitus) dianjurkan untuk membatasi dalam mengonsumsi buah nanas karena kandungan gula buah yang masak cukup tinggi juga bagi Ibu hamil untuk menghindari perasan nanas muda. Semoga informasi seputar manfaat nanas diatas bermanfaat, tetap semangat gaya hidup sehat.


 

http://manfaatbuahdaun.blogspot.com

 
Halaman Sebelumnya