Berita & Artikel

Tips Sehat, Mudik Lebaran

Posted 23.07.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category General

Menjelang akhir bulan Ramadhan, menjadi bagian yang dinanti bagi sebagian masyarakat Indonesia dimana tradisi mudik dilakukan agar bisa merayakan idul fitri dengan keluarga serta sanak saudara dikampung halaman. meski tujuan mudik terlampau jauh serta medan yang tidak begitu lancar, namun tidak menurunkan semangat untuk mudik lebaran. Tentunya persiapan untuk mudik lebaran harus benar-benar dipersiapkan dengan baik, termasuk kesehatan fisik guna dapat menjalani mudik lebaran dengan nyaman. Berikut tips sehat menjelang mudik lebaran.


Berolahraga Rutin Menjelang Mudik Lebaran
Sebenarnya olahraga harus kita lakukan rutin dan teratur, bahkan pada hari-hari biasa. Tapi untuk Anda yang selama ini lalai berolahraga, sangat disarankan untuk berolahraga 3 hari sebelum mulai melakukan perjalanan mudik lebaran. Olah raga menjelang mudik lebaran akan meregangkan otot dan membuat tubuh tetap bugar. Ketika mudik, Anda akan lebih banyak duduk, dan hanya bisa sedikit bergerak.

Konsumsi makanan bergizi
Menjelang mudik lebaran, perbaiki konsumsi makan Anda. Pilihlah jenis-jenis makanan bergizi yang mengandung protein dan karbohidrat sebagai sumber tenaga. Perbanyak juga konsumsi serat, karena kandungan serat yang terdapat pada sayur dan buah akan membantu menjaga vitalitas dan kebugaran selama dalam perjalanan mudik lebaran. Usahakan tetap sahur saat berpuasa, agar tubuh tidak kekurangan nutrisi selama perjalanan mudik lebaran.

Perbanyak Minum Air Putih
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih atau jus buah, setidaknya 8 gelas sehari. Air putih dan kandungan zat yang terdapat dalam buah yang sehat akan memantu menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Cairan yang cukup akan membantu proses penyerapan sari makan dalam organ pencernaan.

Cukup Tidur Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik Lebaran
Agar badan Anda lebih fit, usahakan tidur sedikitnya 6 hingga 8 jam sebelum Anda melakukan perjalanan mudik lebaran. Cukup tidur akan membuat tubuh Anda lebih bertenaga dan terhindar dari tubuh yang lemas, khususnya bagi Anda yang mengemudi. Sebaliknya, untuk Anda yang mudik lebaran menggunakan kendaraan umum, maka manfaatkanlah perjalanan untuk berisitirahat. Yang harus diperhatikan adalah mengatur posisi tidur sedemikian rupa agar tubuh tidak pegal, kesemutan atau kram.

Semoga tips tersebut membantu, dan tetap semangat gaya hidup sehat



 

legallyfabulous.blogspot.com

 
Halaman Sebelumnya