Berita & Artikel

Memilih Asupan Tepat Saat Sahur

Posted 08.07.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health

Amalan ibadah puasa Ramadhan yang tengah dijalani umat muslim tentu mengubah pola makan yang berbeda dari bulan-bulan sebelumnya. Hal tersebut tentu harus diimbangi dengan perubahan pola makan serta asupan makanan yang baik sesuai dengan kegiatan puasa dimana perut diistirahatkan selama waktu yang ditentukan. Dengan berkurangnya asupan makanan dan berbeda dari hari biasa, tentu mempengaruhi kekuatan tubuh jika tidak diberikan asupan yang cukup dan seimbang.

Agar tubuh lebih fit dan mampu beraktifitas seharian seperti hari-hari biasa, kita perlu memperhatikan asupan makanan saat sahur. Makan sahur merupakan hal yang penting karena saat itulah tubuh kita harus dibekali nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Beberapa hal yang mendukung sahur yang baik antara lain ;

- Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.
- Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.
- Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula agar tubuh tidak lemas saat berpuasa.
- Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan.
- Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini dapat menimbulkan rasa kantuk sepanjang hari.
- Sempurnakan sarapan sahur dengan mengonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon dimana membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Semoga informasi diatas bermanfaat dan pilihlah asupan tepat saat sahur guna meningkatkan kekuatan tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Tetap semangat gaya hidup sehat.

 

pesona.co.id

 
Halaman Sebelumnya