Berita & Artikel

Kurangi Resiko Penyakit Jantung Sejak Muda

Posted 16.05.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Health

Resiko terserang penyakit jantung memang dapat menyerang siapa saja dan biasanya memilki beberapa faktor penyebabnya. Salah satunya berkaitan dengan gaya hidup seseorang baik dari segi konsumsi makanan maupun kebiasaan keseharian yang terlalu pasif. Kaitannya dengan kebiasaan keseharian, studi baru menemukan kurang aktif berolahraga merupakan pemicu utama penyakit jantung pada wanita, khususnya wanita muda usia 30-an.

Wanita yang tidak aktif pada usia tersebut berisiko 50 persen untuk mengembangkan penyakit jantung di kemudian hari daripada mereka yang aktif. Bahkan, faktor ini dikatakan lebih berpengaruh daripada faktor lainnya, seperti merokok atau makan tak sehat. Kemudian, peneliti menggunakan rumus matematika untuk menentukan risiko penyakit jantung peserta berdasarkan tingkat keaktifan, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau obesitas mereka. Kurang beaktivitas memberikan wanita risiko yang lebih besar di segala usia.

Program peningkatan aktivitas fisik dapat memberikan tingkat harapan hidup yang lebih tinggi bagi orang dewasa, khususnya pada wanita muda. Namun, melanjutkan program untuk menghentikan kebiasaan merokok dan menekan obesitas juga perlu dilakukan. Pasalnya, semua faktor tersebut juga berperan dalam penurunan risiko penyakit jantung. Dengan demikian, adanya aktifitas tubuh yang rutin sejak usia muda apalagi jika diimbangi dengan olah raga maka dapta mengurangi resiko penyakit jantung. Mulailah aktif berolahraga sejak usia muda, yang diharapkan mampu memberikan efek kedepannya. Tetap semangat gaya hidup sehat.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya