Berita & Artikel

Jerawat dan Perawatan Rambut

Posted 16.04.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Beauty

Jerawat yang timbul pada wajah biasanya memiliki bebrapa faktor penyebab diantaranya karena kurang terpeliharanya kebersihan kulit wajah dan penumpukan kotoran pada lapisan kulit yang menyebabkan penyumbatan pori-pori yang besar, kelenjar minyak yang berlebihan yang menghasilkan sebum karena konsumsi makanan berminyak yang berlebihan, stres berlebiahn ataupun kurangnya jam istirahat bagi tubuh. Namun, timbulnya jerawat juga dapat disebabkan perawatan rambut yang kurang teratur sehingga menyebabkan kotornya helai-helai rambut.

Pasti Anda berpikir, apa hubungan antara kulit kepala dan kulit wajah? Ternyata, erat kaitannya. Kulit kepala yang berketombe menyebabkan rambut menjadi lebihi kotor. Oleh karena rambut terletak sangat dekat dengan wajah, akhirnya sering terjadi sentuhan yang membuat wajah terpapar ketombe. Sehingga kulit di bagian wajah "tertular" menjadi kotor dan kusam. Maka dari itu, usahakan untuk rutin merawat rambut agar sehat dan bersih. Salah satunya adalah dengan mencuci rambut secara teratur. Apabila memungkinkan lakukan setiap hari. Perawatan rambut memang sangat diperlukan apalagi dengan kondisi udara kotor serta sinar matahari saat ini. Rambut mudah terkontaminasi debu yang bertebaran serta panasnya sinar matahari terlebih bagi yang sering bepergian di luar ruangan.

Selain menjaga kebersihan rambut, usahakan untuk tidak menggunakan handuk orang lain saat mengeringkan tubuh dan wajah. Sebab, apabila teman Anda berjerawat atau memiliki penyakit kulit menular lainnya, dipastikan potensi Anda tertular sangatlah tinggi. Dan tidur malam yang cukup dapat menjadikan kulit wajah terlihat lebih segar. Semoga bermanfaat.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya