Berita & Artikel

Mengajarkan Anak Gosok Gigi

Posted 15.03.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Home and Family

Mengajarkan anak untuk senyum atau mencium tangan merupakan kebiasaan dalam berinteraksi dengan sosial. Untuk kebiasaan menjaga kesehatan gigi terkadang memiliki kendala tersendiri. Mulai dari keengganan anak hingga rasa malas yang muncul tiap diajak menggosok gigi. Hal tersebut dapat dirubah dengan mulai mengajak anak menggosok gigi secara menyenangkan. Ajak anak bercerita tentang keasyikan mereka, mendongeng cerita, melatih serta turut serta membantu anak menggosok gigi dapat membuat mereka semangat.

menjelaskan cara menyikat gigi yang baik meliputi empat langkah berikut ini ;

- Gosok gigi bagian depan dengan gerakan dari gusi ke gigi (atas bawah), dilanjutkan ke bagian kanan dan kiri dengan arah yang sama.
- Buka mulut dan lanjutkan sikat gigi dengan gerakan mencungkil untuk bagian depan, kanan, dan kiri. Gerakan ini dilakukan untuk gigi bagian atas dan bawah.
- Setelah mencungkil, gosok bagian permukaan gigi yang berguna untuk mengunyah makanan, sebanyak satu kali.
- Setelah semua gerakan dilakukan dengan durasi total kurang lebih dua menit, lanjutkan dengan berkumur untuk membersihkan sisa pasta gigi. Berkumur cukup 1 kali untuk mencegah larutnya lapisan fluoride pada gigi.

Mengajarkan anak menggosok gigi dapat dilakukan bersama setiap pagi dan menjelang tidur, sehingga anak akan lebih bersemangat karena berinteraksi dengan orangtua yang bisa menjadi teman mereka dalam melakukan kegiatan tersebut.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya