Berita & Artikel

Mengenal Reaksi Alergi Pada Kosmetik

Posted 11.03.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Beauty

Alergi pada kosmetik terkadang dialami oleh sebagian orang apalagi yang memang memiliki jenis kulit sensitif. Reaksi alergi yang dialami dapat berbeda-beda. Seseorang bisa mengalami pengelupasan kulit, timbul ruam merah, kulit terasa panas dan gatal. Untuk mengetahui serta mengambil langkah terhadap reaksi yang terjadi, beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain;

- Baca label
Baca dengan teliti informasi produk di label untuk mengetahui apakah reaksi yang dirasakan tersebut normal. Kenali apakah beberapa bahan dalam produk menyebabkan efek kemerahan, kulit mengelupas, atau iritasi, terutama pada awal pemakaian. Biasanya bahan yang bisa menimbulkan reaksi ini adalah antijerawat dan beberapa bahan antipenuaan kulit.

- Istirahatkan
Biarkan wajah beristirahat dan memulihkan diri. Hindari kosmetik dan produk perawatan wajah selama beberapa hari. Jika kulit sangat kering, gunakan pelembab hipoalergenik.

- Jarangkan
Lanjutkan menggunakan produk tersebut, tetapi hanya beberapa hari sekali. Perhatikan apakah ada tanda reaksi alergi atau ketidaknyamanan yang muncul.

- Hentikan
Hentikan pemakaian produk jika reaksi alergi muncul, bahkan setelah penggunaannya dikurangi. Biasanya reaksi yang muncul seketika atau cepat adalah reaksi alergi. Sementara itu reaksi yang muncul setelah beberapa waktu merupakan respon dari bahan-bahan dalam produk.

- Pilih konsentrasi rendah
Jika Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah produk perawatan wajah dengan kandungan bahan aktif konsentrasi rendah. Alternatif lain, pilih produk yang memang dibuat khusus untuk kulit sensitif.

Semoga informasi untuk mengenal reaksi alergi pada kosmetik diatas bermanfaat dan tetap semangat gaya hidup sehat.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya