Berita & Artikel

Jalan Kaki Untuk Hari Tua

Posted 09.03.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Health

Jalan kaki sering dilakukan dan bukan hanya sebagai kebutuhan untuk mencapai tujuan di suatu tempat, namun berfungsi memenuhi kebutuhan bagi kesehatan tubuh. Dengan memperbanyak jalan kaki, makan semakin banyak gerakan yang dihasilkan dan berpengaruh pada kesehatan anggota badan. Memperbanyak jalan kaki juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap sarana transportasi, sehingga efisien bahan bakar agar mengurangi polusi terhadap lingkungan.

Para peneliti menemukan, berjalan dapat meningkatkan ukuran hipokampus otak yang merupakan sasaran pertama yang dirusak oleh penyakit Alzheimer. Dalam studi ini, para peneliti meminta 120 pria dan wanita yang berusia antara 55 hingga 80 tahun untuk berjalan selama 40 menit tiga kali seminggu. Normalnya, otak menyusut seiring bertambahnya usia, namun hasil pemindaian setelah setahun menunjukkan volume otak peserta justru meningkat dua persen.

Peneliti menjelaskan, pertumbuhan otak selama dua tahun merupakan perkembangan yang besar. Ketua peneliti Krik Erickson dari University of Pittsburgh mengatakan, seseorang tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat untuk melihat efek ini. Hanya dengan berjalan kaki, Anda bisa mengembalikan usia tubuh beberapa tahun lebih muda.

Erickson menegaskan, olahraga bukanlah kunci untuk memerangi demensia, tetapi itu adalah cara terbaik untuk membuat pikiran tetap tajam. "Namun kebanyakan orang masih sangat tidak aktif bergerak dan sulit untuk membuat mereka berdiri dan bergerak," ujarnya. Menurut dia, otak masih bisa dimodifikasi di usia tua, meskipun penyusutan otak merupakan kondisi yang tidak dapat ditawar, namun kecepatannya bisa dikurangi. Aktivitas fisik merupakan pendekatan paling efektif dalam memperlambat penurunan fungsi kognitif di usia tua.

Semoga informasi mengenai jalan kaki untuk hari tua diatas bermanfaat, mulailah menerapkan jalan kaki sebagai alternatif dari kendaraan jika memang jarak yang kita tempuh tidak terlalu jauh dan memakan waktu yang lama. Selain berguna bagi kesehatan otak, juga mendukung gerakan go green bagi bumi. Tetap semangat gaya hidup sehat.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya