Berita & Artikel

Minimalisir Resiko Sakit Pada Ginjal

Posted 07.03.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Health

Kesehatan tubuh sangat penting, terlebih pada organ-organ vital tubuh yang selalu bekerja ekstra untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berbagai usaha untuk menjaga kesehatan organ tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan serta olahraga pada umumnya. Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting pula bagi keseimbangan kesehatan anggota tubuh lain. Berikut beberapa langkah untuk meminimalisir resiko sakit pada ginjal ;

- Lakukan pengujian
Bila merasa berisiko, sebaiknya segera lakukan pengujian dalam tes kesehatan rutin. Kebanyakan orang suka menunda pemeriksaan, padahal tes dan pencegahan bisa mencegah penyakit ginjal. Dua jenis tes yang harus dilakukan untuk mengetahui penyakit ginjal yaitu tes urine untuk albumin serta tes darah untuk kreatinin.

- Mengatur tekanan dan kadar gula dalam darah
Tekanan darah tinggi dan diabetes adalah dua penyebab terbesar penyakit ginjal. Keduanya berpotensi merusak pembuluh darah dalam ginjal. Sedikit peningkatan tekanan darah (prehypertension) dan gula darah merujuk pada kondisi prediabetes yang membahayakan ginjal. Kata "pre" tidak seharusnya dianggap remeh untuk segera melakukan pencegahan penyakit ginjal.

- Perhatikan skala indeks massa tubuh
Menjaga berat badan tetap sehat berefek baik pada kesehatan ginjal. Overweight mengindikasikan bahwa ginjal harus bekerja lebih keras menyaring racun dalam proses metabolisme massa tubuh yang meningkat. Risiko yang sama juga dialami penderita obesitas, yang berpeluang lebih besar menderita diabetes dan hipertensi yang berujung pada sakit ginjal.

- Berhenti merokok
Merokok bisa memperburuk penyakit dan kondisi ginjal. Berhenti merokok memang sulit, tetapi perubahan tersebut penting untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

- Olahraga dan memperhatikan asupan makanan
Dengan sifat serangannya yang lama, maka kegiatan dan pilihan menu harian berdampak tidak sama dalam pencegahan penyakit ginjal. Rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat akan mengurangi risiko perkembangan penyakit ginjal.

Semoga informasi untuk meminimalisir resiko sakit pada ginjal diatas bermanfaat dan tetap sehat gaya hidup sehat.

 

kompas.com

 
Halaman Sebelumnya