Berita & Artikel

Manfaat Aerobik Bagi Otak

Posted 18.02.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Health

Gerakan Aerobik yang aktif ternyata memiliki banyak manfaat. Selain bermanfaat bagi kekuatan otot dan jantung, ternyata terdapat maanfaat besar senam aerobik bagi otak. Senam aerobik meningkatkan zat kimia otak yang membantu otak membentuk sel-sel baru. Sel-sel baru dan sambungan-sambungan baru tersebut meningkatkan kapasitas untuk belajar. Latihan seperti menari dan bermain tenis lebih mungkin untuk mempromosikan kekuatan otak.

Penuaan dapat menyebabkan penurunan dalam proses mental seperti koordinasi tugas, memori kerja, dan perencanaan. Penurunan ini terjadi sebagai akibat dari kerusakan materi putih dan abu-abu di beberapa bagian otak. Namun, orang yang memiliki intensitas olahraga setidaknya dalam intensitas sedang secara rutin cenderung memiliki volume jaringan otak yang lebih besar dan demikian lebih mungkin untuk memiliki peningkatan kinerja kognitif. Mereka juga lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer. Selain itu, berolahraga tidak hanya banyak menawarkan manfaat jangka pendek. Dengan berolahraga secara teratur dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan. Dengan berolahraga, bahan kimia yang dapat memperburuk rasa depresi akan berkurang dan sebaliknya zat-zat kimia penimbul rasa senang dan tenang, seperti endorphin dan neurotransmiter terinduksi dengan baik.

Semoga informasi tersebut bermanfaat, tetap semangat gaya hidup sehat dan rutinlah melakukan aerobik agar meminimalisir resiko menurunnya memori otak kita hingga lanjut usia.

 

Berbagai sumber

 
Halaman Sebelumnya