Berita & Artikel

Khasiat Pegagan

Posted 03.02.2014 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Food & Beverage

Pernahkah Anda melihat tanaman pegagan? Tanaman pegagan atau dalam bahasa latin disebut Cantella Asiatica , merupakan salah satu tanaman yang kaya akan khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit .Tanaman yang aslinya berasal dari Asia tropis ini biasanya tumbuh subur ditempat lembab dan cukup mendapat sinar matahari.

Pegagan banyak mengandung senyawa seperti Asiaticoside yang berkhasiat anti lepra , senyawa thankuniside ,Isothankuniside ,Madecassoside , Brahmoside ,Brahmic Acid ,Madasiatic acid , Meso Inositol , Cantellose ,Carotenoids , garam-garam mineral seperti kalium ,Natrium ,Magnesium , Kalaium ,Besi ,Vellarine dan Zat samak .

Secara umum senyawa-senyawa tersebut memiliki khasiat sebagai anti infeksi ,anti toxic ,penurun panas , serta peluruh kencing .Di Malaysia pegagan dijadikan sebagai bahan baku di industry kecantikan ,dijadikan krim sesulit , krim anti kerut ,serta pengencang muka dan mata, sementara di India dan kepulauan Madagaskar pegagan dijadikan obat Lepra.Pegagan juga kaya akan antioksidan , unsur utama dalam melawan radikal bebas ,saat paparan radikal bebas akibat polusi kendaraan ,industry dan asap rokok makin gencar ,serta gaya hidup dan asupan yang banyak mengandung bahan pengawet makanan , tubuh kita perlu mendapat asupan yang mengandung antioksidan alami , kandungan karetenoid dan asiatikosida dalam pegagan , selain mengatasi radikal bebas , juga merangsang produksi enzim antioksidan alami dalam tubuh. Beberapa pemanfaatan pegagan yang bisa diaplikasikan dirumah sendiri;

Mengobati Demam
Segenggam daun pegagan segar ditumbuk kemudian ditambah air dan garam secukupnya , disaring lalu diminum pagi-pagi sebelum makan .

Penambah nafsu makan
Segenggam pegagan segar direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas ,minum secara rutin sekali sehari .

Mengobati Mata merah /Bengkak
Daun pegagan segar dicuci ,dilumatkan ,diperas , airnya disaring , kemudian diteteskan 3-4 kali sehari .

Sebagai Lalapan
Jika digunakan sebagai pelengkap lalapan pegagan mampu membersihkan darah , terutama pada bisul dan membantu memperbaiki gangguan pencernaan .

Semoga informasi tersebut bermanfaat, tetap semangat gaya hidup sehat.

 

tjokgde.wordpress.com

 
Halaman Sebelumnya