Berita & Artikel

Makanan dan Alergi

Posted 31.12.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Food & Beverage

Makanan yang memiliki banyak nutrisi cenderung menimbulkan reaksi alergi jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa memperhatikan takaran yang semestinya. Alergi yang terjadi merupakan tanda bahwa tubuh tidak dapat menerima makanan tersebut. Penyebab alergi terhadap makanan sendiri cukup beragam, ada yang merupakan tanda atau gejala ringan, ada pula yang menunjukkan gejala tidak cocok yang parah. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan reaksi alergi diantaranya ;

Susu
Apabila Anda dideteksi alergi laktosa, maka sebaiknya menghindari susu dan aneka produk yang terbuat dari susu, misalnya, mentega, keju, cream cheese, ice cream, yogurt, pudding, sour cream, dan lain sebagainya. Alergi terhadap laktosa ini belum diketahui penyebab utamanya, namun biasanya susu yang boleh dikonsumsi adalah yang terbuat dari kedelai.

Alergi kedelai
Bila ada yang alergi laktosa susu, ada pula yang ternyata alergi pada kedelai. Untuk itu, Anda yang memiliki alergi kedelai dianjurkan menghindari aneka makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, kecap, dan lain sebagainya.

Kacang
Aneka menu kacang dapat menyebabkan reaksi alergi. Reaksinya bisa berbeda setiap orang, ada yang saat tak tahan akan mengalami rasa sakit yang hebat pada perut dan buang air berlebihan. Penyebabnya macam-macam, dan umumnya disebabkan oleh kandungan zat di dalam kacang itu sendiri.

Ikan
Beberapa ikan laut dapat menyebabkan reaksi alergi. Kabarnya hal ini disebabkan oleh gen, dan biasanya muncul ketika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Telur
Tidak sedikit orang yang ternyata alergi dan sensitif terhadap telur. Alergi biasanya ditunjukkan lewat kulit yang kemerahan disertai gatal-gatal, atau sesak napas dan batuk. Apabila Anda alergi terhadap telur, maka sebaiknya menghindari makanan yang berbahan dasar telur seperti mayonnaise, meringues, pasta, es krim, dan lain sebagainya.

Gandum
Agak unik memang, tetapi ada orang yang alergi pada aneka makanan yang berbahan dasar gandum, seperti misalnya minuman sereal, roti gandum, crackers, dan lain sebagainya.

Makanan tersebut tidak menimbulkan reaksi yang berarti jika seseorang tidak mengalami alergi. Namun, makanan apapun jika dikonsumsi secara berlebih akan berdampak pada kesehatan karena tidak seimbangnya asupan nutrisi. Semoga informasi tersebut bermanfaat, tetap semangat gaya hidup sehat.

 

vemale.com

 
Halaman Sebelumnya