Berita & Artikel

Agar Aman Menggoreng Ikan

Posted 12.12.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Food & Beverage


Pernahakah Anda mencoba menggoreng bahan makanan? Untuk menggoreng perlu adanya suatu trik khusus agar dalam proses penggorengan lebih mudah dan aman. Agar aman menggoreng ikan yang biasanya menimbulkan letupan minyak saat menggoreng kita perlu mencoba beberapa langkah berikut ;

- Mengukur jumlah minyak untuk menggoreng.
Setidaknya jangan menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Perlu diperhatikan bahwa minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya ia akan semakin mudah meluap.

-Pilih minyak goreng yang memiliki titik didih tinggi.
Sunflower oil atau vegetable oil dapat direkomendasikan agar lebih aman. Tetapi apabila Anda memilih menggunakan minyak biasa, maka Anda wajib menjaga suhu minyak goreng.
Apabila terlalu panas, jangan kaget bila api bisa menyambar dan memenuhi wajan. Trik pertama adalah memanaskan dengan api besar, kemudian stabilkan panasnya dengan memindah ke mode api kecil atau sedang.

-Sesuaikan ukuran bahan
Semakin penuh wajan yang digunakan, maka suhu minyak akan semakin turun. Jika suhu minyak rendah, maka proses menggoreng akan semakin lama, selain itu minyak juga akan diserap oleh bahan.

-Air Vs minyak
Dalam suhu yang sama, apabila air dicampurkan dengan minyak maka minyak akan mengambang. Namun, bila minyak berada pada suhu tinggi, maka ia akan membuat air menguap sehingga menimbulkan letupan-letupan kecil.
Untuk itu, siapkan tutup khusus untuk wajan sehingga saat bahan yang Anda goreng kadar airnya cukup tinggi, letupannya akan ditahan oleh penutup wajah dan tidak sampai ke mana-mana.

Untuk mengurangi letupan minyak pada penggorengan, kita dapat meneteskan perasan jeruk nipis pada minyak sebelum digunakan untuk menggoreng. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat diaplikasikan saat menggoreng sehingga lebih mudah dan aman meski dilakukan sesering yang kita inginkan.

 

vemale.com

 
Halaman Sebelumnya