Berita & Artikel

Mengalihkan Perhatian Si Kecil

Posted 27.11.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Education


Si kecil yang aktif biasanya cepat bosan melakukan suatu hal sehingga kadang ia menunjukkan keinginannya hingga menimbulkan rewel. Jika sudah terjadi hal demikian, kita harus mengalihkan perhatian Si Kecil agar tenang serta mendapatkan apa yang dimaksud. Ada beberapa aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan oleh anak Anda sehingga menyita perhatian mereka.

Menggambar
Anak kecil suka sekali menggambar dan mewarnai. Anda dapat memberi mereka sketch gambar dan pensil warna atau krayon warna-warni, hal tersebut dapat membuat mereka senang dan pilih buku bergambar yang dapat memberi nilai kreatifitas serta pendidikan didalamnya dengan memberikan beberapa arahan sehingga anak merasa diperhatikan.

Kartun
Dengan visualisasi yang lucu penuh warna serta menghibur, anak akan senang memperhatikan kartun yang kita putar. Disarankan pilihlah beberapa animasi kartun yang berisi pendidikan serta terdapat makna untuk melatih anak berperilaku positif. Karena media yang mereka lihat merupakan pendidikan secara tidak langsung, anak dapat meniru apa saja yang mereka lihat dan perhatikan.

Membangun Balok
Permainan membangun balok seperti lego dapat mengarahkan anak untuk fokus dalam aktifitas menyusun detail balok tersebut.
Selain memberikan latihan pada otak anak, kreatifitas anak dapat berperan penting dalam hal ini.

Taman Bermain
Jika disekitar rumah terdapat taman bermain, ajak anak keluar rumah untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Suasana diluar rumah dapat menimbulkan semangat baru bagi anak untuk mengeksplor dirinya dan anak akan lebih bebas bermain ke sana kemari tanpa cepat bosan.

Petak Umpet
Jika tidak memungkinkan untuk mengajak ke taman bermain, kita dapat mengajak anak untuk bermain petak umpet bersamanya di dalam rumah. Anak akan merasa tertantang dan menikmati permainan yang diberikan bersama keluarganya.

Tidur Siang
Usai letih bermain, perlahan ajak anak berbaring dan bercerita dengan beberapa buku yang disukai. Selain menambah ikatan antara orang tua dan anak, kita dapat menyisipkan beberapa pesan edukasi saat momen tersebut.
Semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

vemale.com

 
Halaman Sebelumnya