Berita & Artikel

Merawat Rambut Berhijab

Posted 08.11.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Beauty


Rambut merupakan mahkota yang wajib ditutupi sebagai muslimah. Merawat Rambut yang ditutupi dengan hijab tentu berbeda dengan rambut yang biasa terbuka. Rambut yang ditutupi dalam waktu yang relatif lama biasanya akan lembab dan kemungkinan terjadi kekurangan oksigen yang dibutuhkan oleh rambut. Jika kondisi kurangnya suply oksigen terjadi dalam waktu yang lama, rambut akan mudah rapuh dan mengakibatkan kerontokan. Rambut yang terlalu lembab akan mengakibatkan ketombe.

Meski demikian, bukan menjadi halangan bagi kaum muslimah untuk tetap menggunakan hijab bukan? Merawat rambut merupakan cara bijak yang memang seharusnya kita lakukan. Ada beberapa ritual yang harus rutin dilaksanakan agar rambut tetap sehat dan terhindar dari kerontokan maupun ketombe.

- Berkeramas 2 hari sekali jika rutin dilakukan membantu memastikan kondisi rambut kita tetap bersih.

- Memilih jenis shampoo sesuai dengan kondisi kulit kepala.

- Selalu gunakan hair tonik setelah keramas, dan lakukan pijatan ringan pada kulit kepala, karena pijatan ringan ini dapat membantu melancarkan peredaran darah.

- Creambath seminggu sekali akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan rambut apalagi kesehatan rambut bagi wanita berhijab, supaya rambut dan kulit kepala selalu mendapatkan nutrisi, serta menghindari kecenderungan menjadi lembab dan kulit kepala berketombe.

- Memperbanyak makan makanan yang mengandung rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, vitamin B-12, dan vitamin C, serta zat besi yang mampu memberikan nutrisi bagi rambut secara alami seperti Kacang-kacangan, bayam, pisang, dapat menjadi pilihan.

- Sebelum mengenakan hijab, rambut harus dalam kondisi sudah kering, karena rambut yang masih basah atau lembab menyebabkan rambut menjadi rapuh, selain itu kondisi rambut basah yang ditutupi akan menimbulkan ketombe dan menyebabkan kulit kepala yang lembab.

- Hindari mengikat rambut terlalu keras,karena akan menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

- Usahakan memilih bahan kerudung yang tidak terlalu tebal, namun nyaman digunakan dan menyerap keringat.

- Saat tidur merupakan waktu seluruh bagian tubuh kita beristirahat. Biarkan rambut terbuka, karena saat inilah kesempatan rambut untuk bernafas tidak terikat setelah seharian beraktifitas dan usahakan sisir terlebih dahulu menjelang tidur.

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Cantik dengan berhijab dan tetap semangat gaya hidup sehat.

 

fimadani.com

 
Halaman Sebelumnya