Berita & Artikel

Meningkatkan Performa Monitor

Posted 06.11.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Computer


Pernahkah Anda mencoba meningkatkan performa monitor? Monitor yang biasa kita gunakan sebagai media output komputer dapat berfungsi secara maksimal dalam menampilkan hasil pekerjaan kita. Kinerja yang baik tentu akan menambah nilai lebih atas monitor kita. Untuk meningkatkan performa monitor kita dapat melakukan teknik setting performa monitor melalui fasilitas Refresh Rate pada System Properties Sistem Operasi Windows kita.

Refresh rate memiliki fungsi untuk menampilkan banyaknya gambar yang muncul di setiap detiknya. Jika nilainya semakin tinggi maka akan semakin baik, tetapi fitur ini sangat tergantung oleh kemampuan monitor itu sendiri. Semakin bagus sebuah monitor semakin tinggi refresh rate yang dapat dioperasikan. Untuk melakukan refresh rate pada Windows XP dapat dilakukan dengan cara berikut;

- Klik kanan pada desktop komputer lalu pilih properties
- Klik tab settings kemudian klik menu advanced
- Pada kotak yang muncul klik tab monitor
- Pada kotak monitor settings, ubah nilai pada screen refresh rate menjadi yang lebih tinggi, misalkan menjadi 75 Hertz atau 85 Hertz
Selanjutnya klik OK

Jika Anda menggunakan monitor jenis CRT (tabung) maka nilai refresh rate yang dianjurkan adalah sebesar 75 Hz atau lebih. Akan tetapi jika monitor Anda mampu menunjukkan refresh rate dengan nilai yang lebih tinggi maka dapat Anda ubah sesuai hal tersebut.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dengan mencoba menerapkannya pada monitor Anda. Terus belajar untuk lebih baik dengan memaksimalkan inovasi pada media disekitar kita.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya