Berita & Artikel

Menjaga Kondisi Tubuh Saat Musim Hujan

Posted 31.10.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Health


Akhir-akhir ini, sebagian daerah di Indonesia mulai turun hujan. Memasuki akhir tahun, mulai menunjukkan peralihan musim kemarau ke musim penghujan dimana kondisi tubuh saat musim hujan biasanya perlu dijaga secara lebih karena pada musim ini beberapa media penularan bibit penyakit. Beberapa penyakit yang terjadi saat musim hujan tertular selain melalui media udara juga lewat kandungan air hujan yang banyak mengandung zat polutan saat hujan pertama.

Agar terhindar dari beberapa gangguan tubuh saat musim penghujan datang, perlu adanya beberapa langkah yang kita lakukan agar kondisi tubuh tidak rentan terhadap penyakit dan tertular dari berbagai media.

Asupan makanan sehari-hari tentu perlu dijaga dan kita tetap memperhatikan kandungan pada makanan yang kita konsumsi. Untuk menjaga kondisi tubuh, makanan yang mengandung Vit. C sangat baik untuk kita. Buah pisang atau melon cocok untuk menu penutup.

Menjaga kebersihan tubuh dengan sering membersihkan badan apalagi setelah kulit kita terkena air hujan yang kurang bersih yang dapat menularkan beberapa sumber penyakit kulit.

Meski musim hujan turun, kita tetap wajib berolah raga. Olah raga yang kita pilih sekiranya dapat dilakukan didalam rumah, melakukan lari kecil ditempat , naik turun tangga atau sit up cukup ringan meski dilakukan sendiri diruang tertutup.

Selain menjaga asupan makanan, kebersihan tubuh dan rutin berolah raga kita juga perlu mengatur waktu istirahat kita dengan mencukupi kebutuhan tubuh untuk istirahat guna menenangkan fungsi tubuh agar fit kembali saat kita melakukan aktifitas berikutnya. Istirahat yang cukup juga mampu menurunkan faktor terserang hipertensi.

Meski aktifitas kita tidak berubah saat musim penghujan tiba, kebiasaan gaya hidup sehat tetap kita lakukan perubahan agar terus belajar lebih baik. Semoga bermanfaat dan tetap semangat gaya hidup sehat.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya