Berita & Artikel

Fase Kehamilan "Mual Muntah"

Posted 17.10.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health


Dalam fase kehamilan. ada beberapa tahapan yang akan dialami oleh Ibu hamil. Pada tiga bulan pertama gejala kehamilan akan terjadi namun akan berbeda pada setiap Ibu hamil. Gejala mual muntah saat awal kehamilan memiliki frekuensi yang berbeda pada setiap Ibu hamil. Ada yang hanya merasakan sesekali, sering mual muntah bahkan tidak merasakan gejala mual muntah.

Bagi Ibu yang mengalami gejala mual muntah dengan frekuensi yang lumayan sering, hal ini akan berpengaruh terhadap aktifitas kesehariannya.
Terdapat beberapa langkah untuk mengatasi hal tersebut.

Jahe, yang merupakan obat alami dapat dikonsumsi secara rutin melalui air jahe hangat atau permen jahe agar lebih praktis. Jahe dipercaya dapat mengurangi mual dan muntah.

Minum air putih yang cukup agar menjaga tubuh tetap fit. Mual dan muntah yang dialami dapat menyebabkan dehidrasi,sehinggga perlu adanya banyak cairan tubuh.

Kurangi atau bahkan hindari sebisa mungkin makanan yang berlemak dan mengandung minyak berlebihan serta pedas.

Pilih makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan protein. Roti, kentang dan kacang-kacangan dapat dipilih sebagai menu keseharian.

Mengatur porsi makan dari banyak tapi sedikit menjadi sedikit tapi banyak, maksudnya makan secara bertahap dengan porsi yang sedikit tetapi sering.

Ketika bangun pagi, cobalah duduk sejenak dan minum air putih atau sediakan cemilan kaya protein agar mengurangi rasa mual di pagi hari.

Berpikirlah positif. Hindari terlalu memikirkan beban yang mengakibatkan stress berlebih. Berusaha menenangkan diri dengan berpikir positif akan membuat pikiran lebih rileks.

Dengan melakukan langkah tersebut, diharapkan Ibu hamil tetap dapat melakukan aktifitasya tanpa terganggu dengan mual muntah yang dialami. Semoga bermanfaat, tetap semangat gaya hidup sehat.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya