Berita & Artikel

Menjaga Kandungan pada Sayuran

Posted 05.10.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Food & Beverage


Bagi Ibu yang lebih memperhatikan asupan makanan keluarga tercinta, tentunya lebih memilih menyempatkan sedikit waktunya untuk menyajikan masakan yang dibuat sendiri. Beberapa mungkin mengetahui pola memasak yang tepat pada jenis bahan masakan yang dipilih. Bahan masakan yang akan dimasak memiliki tingkat waktu kematangan yang berbeda.

Jika kita tidak memperhatikan kapan masakan yang kita buat harus disajikan, tentunya hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas kandungan yang dimiliki. Sayuran khususnya, merupakan salah satu bahan masakan yang perlu kita perhatikan cara memasaknya dengan benar. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya dapat terbuang sia-sia jika kita tidak mengolahnya dengan baik.

Sayuran yang diolah dengan pemanggangan usahakan disertai dengan sedikit air agar kulit sayur tetap dapat melindungi nutrisi yang terkandung dalam sayuran tersebut. Kita perlu memperhatikan jenis bahan masakan yang akan dipanggang. Tomat, kentang dan bawang bombay adalah beberapa yang cocok untuk diolah dengan cara tersebut.

Menumis sayuran cukup digemari sebagian penikmat sayuran. Menumis sayuran tentunnya menggunakan minyak didalamnya, dimana vitamin yang terkandung dapat larut dalam minyak tersebut. Sehingga, usahakan kuah yang dihasilkan dari minyak dan air yang terkandung tidak dibuang begitu saja. Usahakan penggunaan minyak seminim mungkin dan tidak terlalu lama mengolah sayuran agar tidak terlalu matang yang berefek pada hilangnyakandungan vitamin yang dimiliki.

Selanjutnya, pengolahan sayuran dengan cara dikukus merupakan pola pengolahan yang baik. Selain tanpa menggunakan minyak, biasanya vitamin yang terdapat dalam sayuran lebih terjaga kualitasnya. Usahakan dalam mengukus sayuran sesuai dengan kebutuhan, artinya tidak terlalu lembek. Jika memasak sayuran dengan cara direbus, biasanya kandungan vitamin dalam sayur lebih cepat hilang. Masukkan sayuran yang akan direbus saat air telah mendidih selama 2 menit.

Dengan cara apapun kita mengolah sayuran, tentunya kita perlu memperhatikan kebersihan serta memastikan tetap terjaganya kualitas zat vitamin serta manfaat sayuran yang kita olah. Semoga bermanfaat, tetap semangat hidup sehat.



 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya