Berita & Artikel

Atasi Nyeri Saat Haid Datang

Posted 23.09.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health


Nyeri saat haid mungkin sering dialami oleh sebagian wanita saat hari pertama bahkan hingga beberapa hari selanjutnya saat mengalami haid.
Nyeri tersebut tentunya memiliki tingkat nyeri yang berbeda pada setiap penderitanya. Rasa nyeri yang dialami dapat disebabkan oleh beberap faktor seperti terjadinya kontaraksi rahim karena pelepasan dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin,Faktor hormonal yang diduga terkait dengan produksi hormon progesteron yang meningkat dan faktor psikis atau kecemasan berlebihan. Kondisi tersebut seringkali mempengaruhi produktifitas keseharian kita yang mungkin terhambat karena menahan rasa sakit yang mengganggu.

Meski demikian, kita tidak perlu terpaku dengan menahan rasa sakit namun bagaimana kita berusaha mengurangi atau menghilangkannya agar tidak berulang setiap haid datang. Berikut beberapa cara sederhana mengurangi nyeri yang terjadi saat haid;

Kompres bagian perut selama 15 menit atau lebih untuk mengurangi tekanan pada perut dengan air hangat.

Konsusmsi makanan berserat tentunya seperti sayuran dan buah-buahan saat hormon progesterone mencapai puncaknya, para wanita sering mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar dan kram perut.

Olah raga dan latihan peregangan otot-otot ligamen sekitar rongga panggul dapat melancarkan aliran darah dirongga panggul sehingga nyeri yang dirasakan akan berkurang dan haidpun lancar.

Konsumsi obat yang menghambat prostagladine, seperti aspirin, midometasin, asam mefenamat. Namun, dari cara-cara tersebut langkah yang paling baik adalah dengan memeriksakan kondisi tersebut kepada dokter spesialis.

Dengan rangkaian pemeriksaan dari dokter pada ahlinya, kita dapat mengetahui penyebab gejala-gejala yang ditimbulkan serta mengambil langkah secara dini jika hal tersebut terkait dengan penyakit yang memerlukan tindakan khusus. Semoga informasi tersebut bermanfaat, tetap semangat meski nyeri saat haid.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya