Berita & Artikel

Giatkan Gerakan Sehat Saat Hamil

Posted 13.09.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Health


Menggiatkan Olah raga merupakan kebutuhan setiap individu, tidak terkecuali bagi Ibu hamil yang tengah membawa tanggung jawab baru dalam kehidupannya. Namun, dalam olah raga yang dilakukan bagi Ibu hamil tentunya berbeda dengan olah raga yang biasa dilakukan sebelumnya. Gerakan yang dilakukan biasanya menyesuaikan kebutuhan bagi peregangan tubuh sesuai usia kehamilan dan aman dilakukan dengan beberapa langkah yang dianjurkan.

Gerakan-gerakan senam hamil umumnya cenderung membuat tubuh rileks dengan aturan pernafasan. Perlu kita ketahui, senam hamil memiliki beberapa tujuan seperti mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut sehingga dapat mencegah atau mengatasi keluhan nyeri di bokong, Melatih sikap tubuh selama hamil sehingga mengurangi keluhan yang timbul akibat perubahan bentuk tubuh, melatih relaksasi yang tujuannya agar mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan selain beberapa manfaat lainnya. Beberapa gerakan berikut dapat membantu kita mendapatkan manfaat senam hamil yang bisa kita lakukan dirumah.

Duduk bersila dan tegak, kedua tangan mengarah ke depan dapat dilakukan sehari-hari saat kita santai di rumah.

Berbaring miring kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, gunakan bantal pada kepala dan perut. Tutupkan mata, tenang dengan nafas yang berirama.

Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak antara kedua bahu. Keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dan badan sejajar dengan lantai. Tundukkan kepala dengan melihat kearah bawah perut, pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut. Lakukan selama 8 gerakan.

Umumnya senam ini dilakukan saat usia kehamilan trimester ketiga. Beberapa gerakan kecil diatas dapat kita lakukan sendiri. Namun, saat ini banyak kelas senam hamil dengan arahan instruktur profesional yang dapat secara langsung membantu kita jika mengalami kesulitan hingga konsultasi seputar gerakan pada usia kehamilan secara aman, selain kita lebih semangat melakukan gerakan senam karena dilakukan bersama beberapa peserta dalam kelas tersebut. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati saat melakukan gerakan sehari-hari agar tidak membahayakan calon buah hati tercinta dan Ibu hamil tentunya.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya