Berita & Artikel

Pola Konsumsi Makanan Sehat

Posted 10.09.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health


Makanan sehat memang baik bagi kesehatan tubuh dan menunjang penuh dengan program diet yang dilakukan. Namun bukan berarti dengan mengkonsumsi makanan sehat secara maksimal dapat membantu menurunkan berat badan karena justru hal ini dapat tidak mempengaruhi program diet kita. Makanan yang kita konsumsi perlu diperhatikan seberapa banyak jumlah yang diperlukan serta manfaat yang ditimbulkan. Mengkonsumsi secara berlebihan, meskipun makanan yang kita konsumsi sangat baik bagi tubuh dapat memicu kegemukan. Hal tersebut terjadi jika kita tidak mengontrol jumlah asupan yang kita makan. Untuk itu, mari kita bahas berapa jumlah makanan sehat yang baik dikonsumsi.

Memperbanyak konsumsi buah serta sayuran memang baik apalagi bagi yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Perlu diperhatikan bahwa jumlah rekomendasi asupan buah sebanyak 2-4 porsi buah sehari untuk membantu mendapatkan berat badan ideal sekaligus mendapatkan manfaat sehat mengonsumsi buah.

Sayuran memiliki lebih banyak vitamin, mineral, dan agen antikanker. Sayuran hijau merupakan sumber nutrisi yang mengandung vitamin A, C, E, K, B, mineral dan serat. Kandungan klorofilnya dapat membantu mengangkut energi dan oksigen ke sel-sel tubuh. Saat mengonsumsi sayuran sebaiknya kurangi penggunaan saus krim, mentega, atau keju. Langkah tersebut perlu dipertimbangkan agar sayuran kita benar-benar rendah kalori dan tidak membuat berat badan bertambah.

Makan Lebih sering juga sangat dianjurkan namun bukan berarti kita dapat sesuka hati makan secara berlebihan. 3 kali makan utama dan 2-3 kali snack sehat di antara waktu makan, adalah cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Pilih makanan ringan yang rendah lemak, berprotein tinggi, dan berkadar gula rendah. Makan lebih sering dengan porsi kecil, berhentilah sebelum kenyang bukan mengikuti keinginan kita semata agar kita dapat mengontrolnya. Dengan pola makan yang teratur diisi dengan makanan sehat dapat secara efektif menjaga berat badan ideal.

Semoga informasi tersebut bermanfaat dan mari kita perbaiki dari sekarang agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya