Berita & Artikel

Menjaga Tulang Belakang

Posted 03.09.2013 | by Admin web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health


Kesehatan Tulang belakang kerap diabaikan dalam keseharian yang justru ditentukan berkaitan kegiatan yang sering dilakukan. Beban terhadap tulang belakang saat duduk, bekerja, dan membawa beban sangatlah besar. Beban teringan tulang belakang hanyalah saat kita tidur. Rangkaian tulang belakang terbagi atas segmen-segmen dan di antara segmen terdapat sendi dan bantalan yang terdiri dari lapisan berstruktur.
Bantalan berfungsi untuk melindungi agar di antara tulang tidak berbenturan. Ada pula otot-otot guna menopang tulang belakang. Ada beberapa hal yang dapat memperbesar risiko gangguan tulang belakang ialah proses degeneratif, yakni seiring bertambahnya usia, bantalan menjadi kering, atau terjadi pengapuran pada tulang belakang.
Selanjutnya langkah yang perlu diperhatikan agar tulang belakang tetap terjaga kesehatannya yaitu;



Saat mengambil sesuatu dari tanah atau lantai, usahakan tidak membungkuk. Maksudnya, tidak membungkukkan badan kita dan mengambil barang tersebut namun kita menekuk salah satu kaki terlebih dahulu lalu mengambilnya dan berdiri perlahan. Ketika kita membungkuk dan mengangkat barang berat dari lantai, hal ini bisa menyakiti dan membebani tulang punggung dengan beban terberat dan dapat mengakibatkan terjadinya kram atau dislokasi.

Berjalan dengan tegak, dengan kepala menatap ke depan dan punggung lurus. Berjalanlah dengan postur tegak bukan membungkuk.

Pastikan paha Anda sejajar dengan lantai saat berlama-lama bekerja didepan monitor atau menonton televisi di rumah, jangan sampai kaki menekuk terlalu tinggi.

Konsumsi makanan yang menunjang kesehatan tulang belakang seperti sayur bayam, brokoli, sawi hujau, susu dan yogurt.

semoga informasi tersebut bermanfaat dan tetap semangat dalam upaya menjaga kesehatan tulang belakang kita dengan mengaplikasikannya dalam kehidupa sehari-hari.


 

berbagai sumber

 
Halaman Sebelumnya