Berita & Artikel

Tetap Sehat di depan Monitor

Posted 29.08.2013 | by admin web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health

Bekerja, berlajar maupun bermain aplikasi dalam komputer yang membutuhkan waktu lama tetntunya dapat membuat tubuh, terutama badan kita merasakan efek seperti pegal, mata merah dan bungkuk. Sebuah survei di Denmark yang melibatkan 690 pekerja pengguna komputer menunjukkan, sekitar 35 persen pekerja mengeluh nyeri pada otot leher dan bahu setiap hari dalam 1 tahun terakhir. Posisi serta kegiatan monoton di depan layar monitor sangat berpengaruh pada tubuh kita. Melakukan beberapa langkah dibawah diharapkan memberikan efek positif bagi tubuh kita, meski kita sehari-hari melakukan kegiatan didepan monitor komputer.


Pertama, coba pilih tempat duduk dan meja yang sesuai dengan posisi mata memandang ke arah komputer agar kepala tidak terlalu menengadah atau merunduk bahkan memaksa kita membungkuk.


Kedua, pilih tempat duduk yang nyaman serta memungkinkan posisi tulang belakang tetap rileks meski kita berada dalam posisi duduk yang lama. Pilih bangku yang tidak terlalu keras atau empuk.


Ketiga, sediakan cairan bagi tubuh. Air putih lebih disarankan bagi pengguna komputer untuk menyediakan serta meminumnya dengan jumlah yang cukup. Ingat kebutuhan air minum bagi tubuh, karena kegiatan lebih banyak di depan monitor maka sering minum di depan monitor membantu melakukan program minum air putih 2 liter atau lebih sehari.


Keempat, menjadi sehat tidak harus melakukan olah raga berat apalagi bagi pekerja yang membutuhkan banyak waktu di depan monitor. Meluruskan kaki serta meregangkan tangan ke atas kepala membantu kita membuat rileks sejenak agar otot tidak tegang.


Kelima, istirahatkan mata kita walau hanya 5 menit ke arah jendela ruangan agar mata tidak selalu fokus pada cahaya monitor dan jaga asupan makanan yang mengandung banyak vitamin A dan Beta Karotin bagi kesehatan mata kita seperti wortel, labu siam, mangga dan pepaya.



Semoga informasi diatas bermanfaat, meski kesibukan kita di depan monitor bukan berarti kita lupa akan kesehatan mata dan tubuh.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya