Berita & Artikel

Jika Anak Demam

Posted 20.08.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Health


Saat demam menyerang Si Buah Hati, tentunya setiap Orang Tua akan berusaha memberikan berbagai bentuk perhatian serta merawatnya hingga demam menurun. Terkadang, tidak jarang para Ibu merasa panik saat Si Kecil demam. Demam bukanlah penyakit utama, kondisi ini merupakan reaksi tubuh alamiah terhadap suatu penyakit. Demam bisa pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan bakteri ataupun virus. Orangtua sebaiknya berkonsentrasi untuk membuat anak merasa nyaman ketika demam dibanding menurunkan suhunya. Karena penyebab demam bisa beragam, usaha menurunkan panas juga bisa memperlambat kesembuhan.
Mari simak beberapa langkah yang perlu kita lakukan jika Si Kecil demam;



Jika anak rewel atau merasa tidak nyaman, Anda dapat memberikan Parasetamol (acetaminophen) atau ibuprofen berdasarkan rekomendasi paket untuk usia atau berat badan. Untuk bayi dibawah usia 2 bulan hindari memberikan obat demam tanpa dievaluasi oleh dokter. Ingat bahwa obat demam biasanya akan sementara menurunkan suhu, tapi tidak akan kembali normal dan tidak akan mengatasi penyakit yang mendasari demam.



Kenakanlah Anak pakaian ringan dan tutup dengan sehelai kain atau selimut. Memakai pakaian terlalu banyak dan terlalu tebal dapat mencegah panas tubuh keluar ke lingkungan sekitar dan malah dapat menyebabkan suhu tubuh semakin naik. Pastikan kamar tidur anak Anda pada suhu yang nyaman tidak terlalu panas atau terlalu dingin.



Berikanlah cairan (minum) yang lebih pada anak untuk mencegah dehidrasi. Demam akan menyebabkan anak kehilangan cairan lebih cepat. Air, sup, dan susu adalah pilihan yang baik. Hindari minuman yang mengandung kafein, termasuk cola dan teh, karena dapat menyebabkan peningkatan urinasi (kencing - yang menyebabkan dehidrasi).



Segeralah bawa Si Kecil ke Dokter jika suhu rektal 38-39 C dan mengalami demam berulang, bahkan jika hanya turun beberapa jam setiap malam.
Semoga informasi tersebut bermanfaat dan tetaplah bersikap tenang dalam upaya menurunkan demam anak agar kita dapat bertindak secara optimal.

 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya