Berita & Artikel

Mudik Asik dan Aman

Posted 06.08.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Traveling


Menjelang hari Raya 'Idul Fitri, merupakan sebuah tradisi berkumpul dengan keluarga baik dekat maupun yang memerlukan jarak tempuh lebih. Mudik lebaran sering dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia khususnya, yang biasanya ditempuh dengan sarana transportasi baik pribadi maupun umum. Keselamatan serta kondisi tubuh saat mudik merupakan sebuah keharusan yang perlu kita perhatikan dalam perjalanan yang terkadang memerlukan waktu yang lebih panjang dari hari biasanya dikarenakan kondisi jalan serta kemacetan yang terjadi saat musim mudik tiba. Berikut beberapa langkah dalam mempersiapkan serta cara aman mudik,




Mudik dengan kendaraan Pribadi
Apabila anda hendak mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil sebaiknya terlebih dahulu mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :
Motor atau mobil akan dipergunakan sebagai perjalanan mudik dari jarak puluhan hingga ratusan kilometer, untuk menghadapi itu semua ada baiknya service terlebih dahulu kendaraan Anda agar tidak ada sesuatu yang mengganggu sepanjang perjalanan. Ada baiknya mempersiapkan fisik semaksimal mungkin dengan minum vitamin atau penambah daya tahan tubuh agar tidak ada gangguan kesehatan yang terjadi ketika atau pasca mudik. Membawa uang secukup nya dan tidak terlalu membawa uang dalam jumlah yang besar serta sedikit bekal makanan dan minuman selama anda di perjalanan. Apabila perlu bawalah obat-obatan atau P3K. Menjaga kapasitas kendaraan tentunya dapat membuat mudik Anda lebih aman dan baikdan jangan memaksakan untuk membawa orang atau barang dengan kapasitas berlebih. Taatilah peraturan dan rambu-rambu lalu lintas jalan raya. Dengan mematuhi rambu-rambu jalan, anda juga membantu pengendara lain untuk bisa selamat sampai tujuannya. Beristirahatlah jika Anda merasa lelah atau kantuk menyerang.




Mudik dengan kendaraan umum
Apabila anda hendak mudik dengan menggunakan kendaraan umum seperti kereta api, bus, atau kapal sebaiknya juga perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
Pesanlah tiket pada loket antrian atau pesan online. Persiapkan tiket anda, jangan sampai tertinggal ketika anda berangkat mudik. Membawa bekal makanan dan minuman selama di dalam perjalanan. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, cukup membawa 1 tas ransel. Amankan bawang berharga anda pada tempat yang mudah di awasi dan tidak mengundang pencopet. Hindari kontak dengan orang asing apalagi sampai tergoda dengan orang baik yang menawarkan makanan atau minuman. Jika mudik menggunakan bus, manfaatkan waktu istirahat bus Anda dengan berjalan kecil agar kaki tidak mengalami kram atau kesemutan akibat terlalu lama dalam posisi duduk. Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok agar tidak mengundang perhatian pelaku kejahatan.




Demikian beberapa informasi seputar kenyamanan bermudik. Semoga bermanfaat, dan selamat sampai tujuan. Selamat Hari Raya 'Idul Fitri 1434 H bagi Anda yang merayakan.


 

Berbagai Sumber

 
Halaman Sebelumnya