Berita & Artikel

Seimbangkan Lemak Saat Lebaran

Posted 04.08.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Food & Beverage


Hari Raya 'Idul Fitri hanya menunggu hitungan hari. Sudahkan Anda menentukan menu sebagai penunjang keceriaan dalam lebaran? Bagi sebagian masyarakat Indonesia, menu khas lebaran identik dengan opor ayam dan ketupat. Namun, banyak juga yang memilih menu selain makanan tersebut dan tetap berciri santan dan lemak yang menggugah selera. Saat lebaran tiba, menu yang tidak biasa kita sajikan mungkin lebih banyak disediakan dan memiliki variasi yang berbeda. Selain menyiapkan menu makanan tersebut, kita juga perlu menyediakan beberapa makanan yang bertugas sebagai penyeimbang, agar lemak tubuh tetap terkontrol. Tentunya kita tidak ingin mengalami beberapa resiko dengan konsumsi makanan yang dapat menimbulkan beberapa gejala penyakit yang ditimbulkan karena kandungan maupun jumlahnya. Berikut beberapa makanan yang dapat menetralisir lemak dalam tubuh ;



1. Salmon
Kandungan asam lemak omega-3 pada salmon dan ikan berlemak lainnya membantu pembentukan otot. Semakin banyak otot yang terbentuk, akan semakin banyak pula kalori yang terbakar. Omega-3 juga membantu mengurangi penumpukan lemak dengan menurunkan level kortisol (hormon yang memicu kelelahan dan keinginan untuk makan).



2. Yoghurt
Makanan berkalsium tinggi punya kemampuan untuk membantu melangsingkan tubuh. Kekurangan jenis mineral ini akan membuat tubuh menyimpan kalori sebagai lemak. Selain itu, minuman bercitarasa asam ini juga mengandung probiotik yang membantu melancarkan pencernaan yang mencegah perut menjadi buncit.



3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang merah, kacang panjang dan buncis kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Dua kandungan ini 'memaksa' sistem tubuh Anda untuk menggunakan energi ekstra agar bisa mencernanya. Penelitian dari University of Colorado menyarankan jika memilih makanan yang tinggi karbohidrat kompleks, pembakaran kalori akan lebih banyak hingga 24 persen.



4. Cabai Merah
Cabai merupakan salah satu makanan terbaik untuk membakar kalori. Kandungan zat capsaicin dalam cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh, yang membuat proses pembakaran kalori jadi lebih efektif. Proses pembakaran tersebut biasanya berlangsung 20 menit setelah mengonsumsi cabai. Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsi makanan pedas terlalu berlebihan karena bisa berbahaya bagi lambung.



5. Teh Hijau
Kandungan kafein dan antioksidan yang dinamakan catechin, dipercaya bisa menstimulasi sistem syaraf dan meningkatkan pembakaran lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau secangkir sehari bisa membantu Anda menurunkan beberapa kilogram berat tubuh dan merampingkan pinggang.



6. Apel
Apel kaya akan serat, anti oksidan, dan vitamin C. Serat pada apel dapat mengeluarkan kolesterol buruk. Selain itu, kulit apel kaya akan Zat Pektin yang berguna untuk menurunkan kolesterol buruk. Oleh karena itu, kita lebih baik mengkonsumsi apel beserta kulitnya.





 

gen22.net dan berbagai sumber

 
Halaman Sebelumnya