Berita & Artikel

Tetap Fit Saat Mudik

Posted 02.08.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Traveling


Akhir Ramadhan ini, tentunya menjadi sesuatu ritual yang dinanti sekaligus bertambahnya kegiatan yang tidak biasa kita lakukan sehari-hari yaitu mempersiapkan lebaran , khususnya bagi yang berencana untuk mudik ke kampung halaman tercinta. Mudik Lebaran merupakan kebiasaan bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang biasanya membutuhkan persiapan khusus dalam mencapai tujuan mudik, terutama bagi kita yang membutuhkan waktu lebih dikarenakan jarak tempuh menuju ke kampung halaman. Sudahkan Anda mempersiapkan mudik tahun ini? Agar mudik kali ini tersa berbeda sekaligus meningkatkan kenyamanan dalam mudik ria ada beberapa hal yang perlu kita lakukan sebelum hingga saat mudik dijalan.



1. Cukup tidur Sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda tidur dahulu selama 6-8 jam. Dengan cukup tidur, tenaga akan terhimpun supaya badan tidak lemas selama perjalanan, terlebih bagi Anda yg mengemudi. Sebagai penumpang, kita bisa memanfaatkan waktu dengan tidur selama perjalanan.




2. Cukup makan Mudik tentunya dilakukan ketika Ramadan saat kita berpuasa. Maka itu, hendaknya kita mempersiapkan diri dengan makan sahur dengan jumlah cukup. Pilihlah makanan yg mengandung karbohidrat dan protein tinggi sebagai sumber tenaga bagi tubuh. Makan juga sayur dan buah karena sangat baik utk pencernaan. Guna mencegah terjadinya perut kembung, hindari makanan seperti buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur.



3.Khusus bagi Anda yang mengemudi sendiri, hindari menyetir lebih dari 4 jam. Ketika pulang kampung, pengemudi harus mengambil istirahat, maksimal setiap 3 jam. Jika kita menumpang bus, manfaatkan waktu saat bus berhenti untuk istirahat dengan sedikit menggerakkan kaki dan tangan agar peredaran darah kita lancar kembali setelah lama duduk. Bagi Pengemudi maupun penumpan, penuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih, minimal 3 liter per hari dan tidak lupa mengkonsumsi vitamin sebelum dan saat melakukan perjalanan.



4. Usahakan tidak melakukan perjalanan ke kampung halaman ketika baru pulang kerja. Untuk pemudik yang memiliki balita, bawalah mainan kesukaan anak. Mainan penting untuk menjaga suasana hati anak agar tetap baik. Sementara pemudik lansia yang mempunyai penyakit tertentu, jangan lupa membawa obat-obatan.



5. Persiapkan makanan dan minuman yang cukup. Usahakan jangan membeli atau menerima penganan pemberian dari orang sembarangan. Sesampainya di tempat tujuan, jangan memaksa diri langsung berkeliling ke rumah sanak saudara. Sebaiknya istirahat dulu yang cukup, baru berkegiatan setelahnya. Selamat melakukan perjalanan mudik, menyambung tali silaturahmi dengan merayakan Hari Raya 'Idul Fitri bersama keluarga tercinta. Semoga bermanfaat.



 

tempo dan herbalengkap.com

 
Halaman Sebelumnya