Berita & Artikel

Menjaga Puasa Tetap Lancar

Posted 30.07.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category General


Ramadhan telah dijalani dan hari kemenangan hanya menghitung hari. Dengan semangat ibadah, meskipun Ramadhan tahun ini akan terlewati, hendaknya kita tetap mempertahankan semangat dalam menjalani puasa menjelang akhir Ramadhan. Untuk menjaga stamina tetap terjaga, baiknya kita tetap mempertahankan pola hidup serta asupan makanan yang sehat. Agar menambah semangat bagi para pembaca, mari kita simak beberapa tips berikut ;



1. Saat Sahur:
Menu Makan Sahur
Utamakan air putih, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula dan air kelapa. Tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik. Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik. Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah.
Contoh menu sahur sehat
- Masi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.
- Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk
- Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
- Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.



2. Saat Buka Puasa:
Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik. Karbohidrat kompleks akan lebih baik dan makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat mengantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%. Setelah berbuka puasa, minum kembali air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal minum air 1 liter.
Contuh menu berbuka puasa
- Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang
- Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk
- Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah.



3. Olahraga di Bulan Ramadhan
Berolahragalah secara rutin, namun pilih olah raga ringan seperti bulu tangkis maupun lari kecil sesuai dengan kemampuan tubuh. Tidur, makan & minum yang cukup waktu malam sebelumnya. Aktivitas berolahraga adalah aktivitas yang banyak menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas berolahraga di kala puasa, tidur makan dan minum haruslah cukup agar tidak terlalu merasa haus ketika sedang berolahraga. Terakhir, segerakan berbuka jika telah sampai waktu berbuka, dan konsumsi makanan hanya seperlunya agar tubuh kita tidak terhentak dengan asupan yang banyak sekaligus. Semoga bermanfaat.


 

gen22.net

 
Halaman Sebelumnya