Berita & Artikel

Sehat Saat Berpuasa

Posted 22.07.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health

Bulan Suci Ramadhan 1434 H saat ini tengah dijalani oleh ummat muslim, berpuasa menahan hawa nafsu serta makan dan minum seharian yang memerlukan kekuatan saat menjalani ibadah tersebut. Selama lebih dari 12 jam tubuh tidak mendapatkan zat makanan maupun cairan yang biasa didapatkan oleh tubuh. Agar tubuh tetap fit dalam menjalani rangkaian ibadah berpuasa sebulan penuh, berikut beberapa cara sehat selama menjalani puasa Ramadhan ;



Minum Air Putih. Dalam menjalani ibadah puasa, selama seharian tubuh memerlukan cairan agar metabolisme tubuh lancar karena selama bulan puasa dengan aktifitas keseharian tubuh mengeluarkan keringat, itu berarti keringat yang dihasilkan dari tubuh berasal dari cairan dalam tubuh yang sebaiknya kita penuhi saat sahur dan berbuka. Minumlah air putih minimal 8 gelas saat kita berbuka dan sahur agar tubuh tidak kekurangan cairan. Usahakan untuk menghindari kopi dan minuman soda, karena didalamnya terkadung kaffein yang dapat memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan yang nantinya akan mengakibatkan tubuh terserang dehidrasi atau kekurangan cairan.




Konsumsi sayur dan buah. Sayuran dan buah-buahan memang sangat diperlukan bagi tubuh karena serat yang terkandung sangat bermanfaat bagi pencernaan, selain itu vitamin-vitamin serta mineral bagi tubuh banyak terkandung dalam sayuran. Hindari makanan yang manis secara berlebihan karena Anda akan cepat lapar di siang hari. Makanan yang manis membuat tubuh dengan cepat melepaskan insulin (insulin berfungsi memasukkan gula ke sel-sel tubuh sebagai sumber energi), sedangkan serat akan memperlambat proses pencernaan dan pengeluaran insulin. Setelah makan sahur, jangan langsung tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan.




Makan secara bertahap. Mulailah berbuka dengan minuman hangat dan manis. Hindari minum air dingin, minuman soda atau air es karena akan memperbanyak asam lambung sehingga pecernaan tidak berfungsi secara normal. Setelah itu, istirahatlah sebentar sebelum menyantap hidangan "berat" agar lambung tidak bekerja terlalu berat dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi gorengan. Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Makanan yang terlalu pedas juga akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.




Tetap rutin berolahraga. Menjalankan ibadah puasa bukan berarti berhenti berolahraga. Justru aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak cepat lemas. Namun sebaiknya memilih olahraga ringan, seperti jogging atau jalan kaki. Sebaiknya Anda melakukan olahraga menjelang saat berbuka. Kenyataannya, tarawih merupakan aktifitas (olahraga) yang dapat menjaga kebugaran selama berpuasa.
Demikian, semoga informasi tersebut bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi ummat muslim yang menjalankannya.

 

suaramerdeka.com

 
Halaman Sebelumnya