Berita & Artikel

Okupasi Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (II)

Posted 09.07.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Home and Family


Bukan hanya anak berkebutuhan khusus yang dengan segala "keunikannya", anak normal pun sangat penting untuk diberikan stimulasi sejak usia sedini mungkin atau bahkan sejak dikandungan. Aspek yang distimulasi pada anak ;



Aspek Motorik. Sejak lahir anak sudah distimulasi untuk gerakan-gerakan motorik yang ringan, seperti refleks menggenggam jari-jari tau refleks menghisap pada mulut. Semakin besar usia anak, semakin besar pula eksekusi gerakannya, seperti mengangkat kepala, tengkurap, duduk, merangkak sampai berjalan. Tidak cukup berhenti sampai disitu, kemampuan motorik anak pun distimulasi lagi lewat gerakan yang lebih fungsional, seperti naik-turun tangga, melewati rintangan, memanjat, melompat, lempar-tangkap bola, memegang pensil, mengancingkan baju dan sebagainya.



Aspek Sensori. Tidak kalah penting dengan aspek motorik adalah aspek sensori, bahkan komponen sensori justru yang membuat gerakan motorik tubuh bisa bekerja dengan baik. Komponen sensori sendiri meliputi visual/penglihatan, auditory, keseimbangan, perasa tubuh/indra peraba, pengecap, penciuman dan posisi tubuh/ proprioceptif. Jika ada anak dengan masalah penglihatan tentu perkembangan motoriknya terhambat seperti berjalan. Atau anak dengan gangguan keseimbangan akan kesulitan untuk naik tangga secara mandiri.



Aspek Kognisi. Jangan mengharapkan anak mampu memiliki perkembangan kognisi/kecerdasan yang optimal dalam pendidikannya kelak jika di kelas Si Buah Hati sulit menjaga fokus penglihatan atau pendengarannya. Apalagi menyalahkan dan melabel anak dengna hal yang negatif (bodoh,malas) kalau sejak awal orangtua yang justru kurang memperhatikan perkembangan motorik dan sensori anak. Pada akhirnya anak bergantung terhadap orang lain, bahkan bisa menimbulkan ketidakpercayaan (self confidence) pada diri sendiri sehingga anak mengalami masalah dalam bersosialisasi.

 

Oase

 
Halaman Sebelumnya