Berita & Artikel

Okupasi Terapi dan Tumbuh Kembang Anak (I)

Posted 05.07.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Artikel | Sub Category Home and Family

Mendidik anak berkebutuhan khusus (special needs) pada dasarnya sama dengan mendidik anak yang tumbuh dan berkembang secara normal, karena setiap anak ibarat kertas putih yang kosong dan baru memulai belajar.



Orang yang menjadi teladan disekitar anak, seperti orang tua, kakek, nenek, saudara kandung atau guru harus memberikan contoh nyata agar anak tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Misalnya anak diajarkan salam maka orangtua mencontohkan salam yang benar bukan hanya memberikan instruksi verbal kepada anak.



Bedanya mendidik anak berkebutuhan khusus, lingkungan juga harus mengerti karakter dari setiap anak berkebutuhan khusus lengkap dengan segala "keunikan" dalam dirinya. Contohnya anak dengan spektrum autis, yang jelas bermasalah dalam sosialisasi harus diupayakan semaksimal mungkin agar mampu beradaptasi dengan siapapun dan dilingkungan manapun. Orangtua yang cenderung memanjakan anak, tentu tidak bisa terus memanjakan anaknya dirumah, hanya karena tidak tega jika anak bertemu lingkungan baru akan menangis atau bahkan tantrum (mengamuk).



Atau contoh lain anak dengan gejala hiperaktif, yang sulit fokus dan biasanya disertai keterlambatan bicara. Jika pada kondisi ini orangtua tidak mampu bersikap sedikit tegas mengatur perilaku anak,maka akan berpengaruh terhadap perkembangan selanjutnya seperti pergaulan dan pendidikannya. Sikap yang sebaliknya yaitu cenderung pasif atau cuek ke anak akibat orangtua yang lebih mementingkan karier, jika ini terjadi pada orangtua dengan anak berkebutuhan khusus, akan menjadikan perkembangan nak juga semakin lambat. Apalagi jika hal ini terjadi pada anak-anak dengan keterbatasan fisik dan atau mental, seperti cerebral Palsy, Global Delayed tau Down Syndrome. Bukan hanya anak berkebutuhan khusus yang dengan segala "keunukannya" , Anak normal pun sangat penting untuk diberikan stimulasi sejak usia sedini mugnkin atau bahkan sejak dikandungan.

 

Oase

 
Halaman Sebelumnya