Berita & Artikel

Anak Hiperaktif (I)

Posted 23.06.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tutorial | Sub Category Home and Family


Hiperaktif atau Hyperactive disebut juga Attention Deficit Disorder with Hyperactive (ADDH) tapi kalangan medis banyak menyebutnya Attention Deficit Hyperaktif Disorder (ADHD). Batshaw dan Perret (1986) menulis, Hyperaktif bukan merupakan penyakit tetapi suatu gejala atau symptoms.



Symptoms ini terjadi disebabkan oleh faktor brain damage, an emotional disturbance, a hearing deficit or mental retardaction. Pada prinsipnya, hiperaktif merupakan gangguan perilaku yang ditandai dengan kurangnya perhatian (inattentiveness), aktifitas berlebihan (overactivity) dan perilaku implusif (implusivity) yang tidak sesuai dengan umumnya. Karenanya, hiperaktif merupakan kelainan psikiatrik dan paling banyak ditemukan pada anak. Kondidi ini dapat berlanjut sampai remaja, bahkan dewasa. Pada anak usia sekolah, hiperaktif bisa menimbulkan gangguan akademik dan interaksi sosial dengan teman.



Anak Hiperaktif sering dianggapa anak nakal, ceroboh dan lainnya, padahal terapi yang tepat akan menghilangkan gejala-gejalanya. Karenanya ada juga yang menyebutkan , Hiperaktif adalah sebuah sebutan atau istilah yang lebih sopan dan mendidik dari kenakalan anak. Ada tiga gejalan yang mengindikasikan seorang anak memiliki gangguan Hiperaktif :



1. Inatensi
Yaitu rendahnya pemusatan perhatian atau konsentrasi anak. Anak-anak dengan gangguan hiperaktif tidak atau hanya memiliki kemampuan berkonsentrasi yang sangat rendah. Perhatiannya begitu mudah teralihkan dari satu hal ke hal lain.



2. Hiperaktif
Yaitu anak tidak bisa diam. Ia banyak melakukan gerakan-gerakan dan begitu sulit untuk dibuat duduk diam dan tenang. Ia senang berlari-lari, membuat suara-suara berisik, berjalan kesana kemari, dan lainnya. Karena itu seringkali anak hiperaktif pulang dengan membawa banyak luka akibat ulahnya sendiri.



3. Impulsif
Yaitu ketidakmampuan anak mengendalikan sesuatu. Ia biasa melakukan segala sesuatunya tanpa pertimbangan dan seringkali diyunjukkan dengan ketidaksabaran.

 

Oase

 
Halaman Sebelumnya