Berita & Artikel

Merawat Kain Batik

Posted 06.05.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category General

Kain yang telah menjadi salah satu warisan budaya milik Indonesia yang diakui oleh UNESCO ini kian diminati oleh berbagai kalangan masyarakat tercinta. Kain Batik, saat ini tengah mengalami perkembangan yang cukup kreatif baik dari segi corak, warna, bahan serta cara pembuatannya. Kegunaannya pun kian variatif dalam keseharian kita. Salah satu fungsi batik yang banyak digunakan sebagai fashion bagi masyarakat. Agar fungsi serta keindahan batik bertahan dalam waktu yang lebih lama, kita perlu memperhatikan beberapa cara berikut:

Pencucian Batik, sebaiknya dilakukan secara terpisah dengan pakaian lain. Disarankan menggunakan sabun lerak khusus untuk mencuci batik, sabun jenis ini sekarang sudah banyak dijual di pasaran dan dilarutkan dalam air hangat. Jika tidak memungkinkan, gunakan sedikit detergen saja dalam pencucian. Kucek bagian kain yang terkena kotor saja tanpa disikat dan remas perlahan pada baigian yang lain.

Dalam proses pengeringan batik, hindari perasan secara kuat. Keringkan batik tanpa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung, namun cukup diangin-anginkan.

Rapikan batik dengan setrika standar kepanasan yang sedang, agar kualitas kain tetap terjaga dan hindari penggunaan kapur barus bersamaan dengan penyimpanan batik. Usahakan simpan batik dengan menggantungnya pada hanger, selain kain lebih tersimpan rapi saat akan digunakan, bentuk kain juga lebih terjaga.

Sedikit trik diatas semoga dapat membantu dalam menjaga kualitas kain indah dan kaya akan makna budaya yang sering kita gunakan. Mari bersama kita lestarikan budaya Indonesia tercinta dengan menggunakan batik.

 

kain-batik.com

 
Halaman Sebelumnya