Berita & Artikel

Ritual Sehat Agar Perut Rata

Posted 03.05.2013 | by Admin Web| | Posted in Category Tips dan Trik | Sub Category Health

Tampil bugar dengan percaya diri karena bentuk tubuh yang ideal, terutama hal yang sulit dimiliki sebagian orang pada umumnya yaitu memiliki perut yang rata. Dalam keseharian kita, pola makan hingga asupan makanan merupakan hal yang mempengaruhi bentuk serta keseimbangan tubuh. Aktifitas keseharianpun menjadi faktor utama pola makan serta asupan jumlah nutrisi. Mari kita coba untuk hidup lebih sehat agar mendapatkan bentuk perut yang ideal bagi tubuh dengan menjalani beberapa kebiasaan berikut :

Membiasakan diri berolahraga. Olah tubuh yang ringan juga sedikit demi sedikit dapat memberikan efek kelenturan serta bentuk tubuh. Lakukan setidaknya sit-up secara rutin setiap pagi hari 10 hingga 20 kali gerakan dilanjutkan dengan lari kecil selama 5 menit atau lebih dengan melakukan gerakan pemanasan sebelumnya. Dengan gerakan-gerakan tersebut kita tidak perlu keluar rumah, karna dapat dilakukan di dalam ruangan,

Membatasi makanan olahan dan minuman. Hindari makanan siap saji, kue, kue kering, keripik, pastry, crackers karena mengandung banyak garam yang dapat menyebabkan kembung dan retensi air (kelebihan air). Makanan tersebut juga kaya gula dan lemak trans jahat yang dapat menetap dan tertimbun di dalam perut dalam jangka waktu lama.Lebih baik batasi atau hindari sama sekali minuman ringan dan bersoda. Gas yang dihasilkan oleh minuman itu dapat terjebak di perut dan membuat perut mengembung serta kandungan kalori pada minuman tersebut tidak cocok untuk orang yang menginginkan bentuk tubuh ideal. Konsumsi sayuran serta buah yang cukup, lebih baik karena selain mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, juga kaya akan serat bagi tubuh sehingga proses pencernaan lancar. Biasakan minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari. Jika aktifitas kita lebih sering di luar ruangan, air putih sangat membantu selain menjaga metabolisme tubuh, juga memberikan kesegaran agar selalu fit.

Perhatikan cara makan. Makan dengan tergesa-gesa akan menimbulkan kurang sempurnanya proses pencernaan terhadap makanan tersebut. Kunyah makanan secara perlahan karena mengunyah makanan lebih lama akan menghasilkan air liur yang lebih banyak pula. Dalam air liur terkandung enzim ptialin yang dapat membantu proses pencernaan makanan dengan memecah pati (tepung) menjadi potongan-potongan gula yang larut air. Mengunyah lebih lambat juga membantu mengurangi jumlah udara yang masuk dalam mulut ketika Anda makan. Alhasil, Anda terhindar dari kembung.

Makan sebelum lapar dan lebih sering. Sering tapi sedikit jumlahnya lebih baik dibandingkan jarang tapi banyak. Makan teratur dengan jumlah yang sedikit namun dilakukan lebih sering akan membantu kita dalam mengontrol jumlah makanan serta memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mengolah makanan secara teratur. Buat jadwal makan kita dengan menu yang berbeda agar memberikan variasi.

Membiasakan sabar secara bertahap.Keberhasilan diraih dengan usaha yang perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh serta sabar dalam melakukan ritual diatas secara rutin. Usaha hidup sehat merupakan kewajiban bagi tubuh kita, namun bentuk perut yang ideal merupakan bonus dari usaha kita. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan berhasil dalam menjalaninya. Tetap semangat, dan mulailah hidup sehat.

 

http://allisyacute.blogspot.com

 
Halaman Sebelumnya